Senin, 11 Februari 2013

Mengenal Fotografi Dan Tehnik-tehniknya

Mengenal Fotografi Dan Tehnik-tehniknya

Fotografi sekarang mulai diminati oleh banyak orang, segala Umur dan penjuru negara, Fotografi adalah suatu keasikan tersendiri yang mungkin tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata menurut saya, saya simbolkan dengan suatu foto. foto menurut saya adalah satu cerita yang tidak bisa dikatakan dengan kata-kata namun hanya dengan foto itulah kita bisa bercerita tentang tempat,keadaan kondisi dan keseruan-keseruan lainya.
Saya Adalah Salah Satu pencinta fotografi di indonesia ini, karena Bagi saya memotret itu adalah hal yang sangat menyenangkan. terkadang dengan memotret kita bisa menghilangkan sekala penat atau masalah yang ada pada diri kita, namun terkadang saya juga merasa susah memotret ketika ada perasaan mengganjal di hati saya sehingga hasil jepretan saya pun tidak maksimal.
Nah Bagi pemula Sebelumnya Saya Beritahu Susunan Cara dan Tehnik Memotret. ini insyallah sangat bermanfaat buat para pemula dan yang serius mendalami fotografi.


1. Pertama-tama kita harus memiliki kamera., iya donk kalau kita tidak punya kamera mau motret pake apa? hehe.
Kamera Entah itu Kamera Dslr, Slr, Analok, Digital, Ataupun kamera HP. Yang penting kita Punya Kamera. kebetulan saya sekarang hanya menggunakan Kaera DSLR NIKON D3100 Dengan Lensa Nikor AF 70-300. yah lumayan lah untuk belajar. hehe
2. Tahu Bagaimana Menggunakanya
3.Tau Bagaimana tehnik2 memotret yang benar, nanti dibawah akan saya beri contoh cara memotret dan sekaligus nama tehniknya serta hasil gambarnya.


Berikut Tekhnik-tehnik memotret yang Saya Ketahui:

Yang ini Adalah Memotret Model.
Memotret model adalah memotret segala sesuatu yang hanya fokus pada satu orang yaitu model itu sendiri, didalam Memotret model ini usahakan jangan ada wajah selain model tersebut, sebab itu akan mengganggu fokus para penonton . berikut adalah contoh hasil potretnya.
 foto yang ini saya ambil dengan lensa fish eye. atau sering disebut lensa cembung.



                                      adalah Blubing
Blubing adalah tehnik memotret dengan speednya direndahkan hingga pol dan diafragmanya di tinggikan mentok, memotret blubing ini sebaiknya menggunakan tripod sehingga gambar tidak akan blur atau fokusnya tidak goyang sehingga dapat memaksimalkan gambar yang kita dapatkan.

adalah Foto Prewedding/Wedding

Foto yang Ini Diambil Disuatu ruangan Dengan menggunakan lampu atau bisa juga menggunakan speedlite/fles yang kita taruh di bagian atas model dan kita ambil foto dari depan. itu sangat membantu akar model lebih terfokuskan ketika orang lain melihatnya.

Adalah SILUET

Siluet adalah tehnik memotret yaitu yang diambil gambarnya hanya bayangan hitam dengan beckground tetap berwarna, sebagian besar siluet diambil dengan beckground matahari, karena memang akan lebih menarik saat dilihat oleh penonton. kan akan terlihan komposisi warnanya yang indah. dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.

Adalah  PORTRAIT

 Foto portrait adalah foto yang diambail dngan cara kamera berdiri. bisa kita lihat pada gambar dibawah ini.

Adalah MAKRO
 Makro adalah tehnik foto dengan mengambil foto yang hanya terfokuskan pada barang yang kecil dan apabila dilihat akan memperbesar gambar tersebut. atau bisa juga dikatakan foto yang mendetailkan barang yang kecil, bisa kita lihat pada foto dibawah ini.



Adalah LANSCAPE/PEMANDANGAN
 Adalah tehnik memotret yang mengambil gambar pemandangan. pada gambar pemandangan ini sebaiknya kita mencari pemandangan dengan warna yang kontras, sehingga dapat kita lihat komposisi warnanya akan terlihat sempurna dan dilihat sangat bagus.

Ini Adalah Profil Saya Bersama Rekan Fotografer saya .
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan saat ini, bsok insyallah disambung lagi lain waktu.
semoga bermanfaat untuk kita semua.
*Selamat MENCOBA

1 komentar: